Sadarlah, 7 Pola Hidup Ini Sebetulnya Penyebab Diabetes

by in Diabetes Maret 12, 2019

Penyebab Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah tinggi. Kadar gula dapat dipantau sebelum dan setelah makan. Pada kondisi sebelum makan, normalnya 70-130 mg/dl dan setelah makan kurang dari 180 mg/dl.

Tidak hanya disebabkan oleh faktor genetis, pola hidup tidak sehat ternyata juga turut menjadi penyebab. Apa saja pola hidup tersebut?

Tanpa Anda sadari 7 pola hidup berikut ini adalah penyebab diabetes.

penyebab diabetes
penyebab diabetes

1. Sering Minum Teh Manis

Teh manis mengandung 1.000-1.200 kalori, padahal dalam waktu sehari kalori yang dibutuhkan tubuh hanya sekitar 1.900. Kalori mengandung glukosa sehingga asupan yang berlebih menyebabkan kadar gula meningkat. Lebih baik Anda mengganti teh manis dengan teh tanpa gula atau air putih.

2. Tidak Sarapan

Kebisaan melewatkan sarapan juga menjadi penyebab diabetes. Tidak sarapan akan membuat Anda sangat lapar di siang hari sehingga mengonsumsi makanan yang berlebih. Akibatnya kadar glukosa dalam darah akan naik.

Makanan yang dikonsumsi saat sarapan dapat diubah glukosanya menjadi energi oleh insulin. Saat menahan lapar karena tidak sarapan akan mengganggu kadar produksi insulin dan pengendalian gula dalam darah. 

Agar tidak repot, Anda dapat membuat sarapan sederhana di pagi hari. Misalnya telur, buah segar, yoghurt, atau gandum.

3. Makan Tengah Malam

Hati-hati dengan kebiasaan makan tengah malam. Hal tersebut menjadi penyebab diabetes karena lonjakan gula darah yang mengganggu sekresi insulin saat makan pada waktu yang tidak seharusnya.

Pola hidup tersebut dapat diatasi dengan makan teratur tiga kali sehari. Keteraturan tersebut membuat gula darah stabil sehingga produksi insulin tidak terganggu.

4. Seorang Perokok

penyebab diabetes
salah satu penyebab diabetes adalah merokok

Penyakit diabetes makin berbahaya jika bersamaan penyakit lainnya atau komplikasi. Penderita diabetes yang perokok akan makin buruk kondisinya.

Konsultan Dokter dari Rumah Sakit Diabetologist India, Salome Phelamei, mengatakan risiko komplikasi penderita diabetes yang juga perokok tiga kali lipat lebih besar dibanding yang bukan perokok.

Salah satu penyakit komplikasi yang sering dialami penderita diabetes perokok adalah jantung. Lapisan pembuluh darah akan rusak sehingga menyebabkan penumpukan dan pengerasan lemak di arteri. Arteri menyempit dan terdapat pembekuan darah sehingga terjadi serangan jantung.

5. Sering Mengonsumsi Camilan

penyebab diabetes
penyebab diabetes konsumsi camilan terlalu banyak

Konsumsi camilan yang terus-menerus merupakan penyebab diabetes. Keripik, biskuit, gorengan, kue, atau camilan lainnya kurang mengandung hidrat arang yang banyak daripada serat. Kandungan tersebut dapat menaikkan kadar gula darah.

Solusi agar tidak sering memakan camilan adalah tidak membatasi makan siang atau malam. Jika Anda tetap ingin makanan ringan, pilihlah buah segar sebagai camilan sehat.

6. Kurang Tidur

Hormon pemicu nafsu makan akan naik pada orang yang kurang tidur. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut, mereka akan mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Para ahli dari Chicago University mengatakan, kemampuan tubuh memproses glukosa akan menurun saat seseorang kurang tidur selama 3 hari. Akibatnya, risiko diabetes akan meningkat. Sebaiknya Anda memiliki pola istirahat yang cukup. Penuhilah durasi tidur 7-8 jam per hari.

7. Kurang Aktivitas Fisik

penyebab diabetes
penyebab diabetes dengan kelebihan berat badan atau obesitas

Obesitas dan darah tinggi sebagai pemicu diabetes dapat diatasi dengan olahraga rutin setiap hari. Pilihlah olahraga ringan seperti jalan pagi atau senam agar dapat dilakukan secara rutin.

Dr. Gauden Galea, Penasihat WHO untuk Penyakit Tidak Menular, mengatakan bahwa jumlah penderita diabetes di Hanoi, Vietnam berlipat selama 10 tahun terakhir karena masyarakat di sana lebih memilih naik motor daripada bersepeda.

Hal tersebut menunjukkan aktivitas fisik, seperti bersepeda dan jalan kaki dapat menurunkan risiko diabetes.

Delima Merah Solusi Alami Penderita Diabetes

Jika Anda termasuk orang yang masih melakukan pola hidup penyebab diabetes di atas, berhentilah mulai sekarang! Namun, bagi Anda sudah terlanjur divonis diabetes. Jangan khawatir, Majun Akar Delima Penyembuh Penyakit Kronis akan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Majun Syifa telah terbukti mengobati diabetes secara permanen. Kunjungilah http://majunsyifa.com/ untuk melihat rangkaian produknya.

Anda dapat menghubungi nomor WhatsApp yang telah tertulis di website atau klik disini untuk pemesanan. Semoga Anda selalu dilimpahi kesehatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *