Awas! 5 Faktor Ini Picu Penyakit Jantung

by in Jantung Maret 23, 2019

Penyakit Jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia. Bahkan, masuk dalam urutan teratas penyebab kematian tertinggi.

Bukan hanya menyerang orang tua, generasi muda pun terancam penyakit mematikan ini. Mirisnya, masih sedikit orang yang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung.

Sebelum terlambat, alangkah baiknya jika Anda mengubah kebiasaan yang dapat menurunkan tingkat kesehatan jantung.

Adapun faktor pemicu penyakit jantung yang sebaiknya diwaspadai, antara lain:

jenis penyakit jantung
obesitas faktor picu sakit jantung

Obesitas dapat Picu Penyakit Jantung

Orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi terkena sakit jantung. Pasalnya, jantung akan memompa lebih banyak darah. Hal ini menyebabkan aliran darah di dalam tubuh meningkat. Tingginya volume darah memicu terjadinya hipertensi yang menjadi faktor utama serangan jantung.

Kalaupun tidak terjadi peningkatan aliran darah, ventrikel dan atrium kiri akan mengalami pelebaran. Kondisi seperti ini membuat kerja jantung semakin berat. Bahkan, yang terburuk jantung tak lagi mampu memompa darah. Jika sudah begini, risiko terkena gagal jantung semakin meningkat.

Maka, sangat penting untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil. Mulailah mengatur pola makan atau menerapkan diet sehat sehingga berat badan Anda proporsional.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Sodium

Terlalu Banyak Mengonsumsi Sodium picu penyakit jantung
Terlalu Banyak Mengonsumsi Sodium

Mayoritas orang memang lebih menyukai masakan gurih. Menggunakan sodium  sewajarnya tidak akan menjadi masalah. Akan berbeda jika tingkat konsumsi natrium Anda per harinya melebihi batas wajar.

Sodium tidak hanya memicu hipertensi, melainkan juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Antisipasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membatasi konsumsi sodium. Mulailah mengurangi penggunaan garam dan  menghindari camilan yang kaya akan natrium.

Merokok

penyakit jantung koroner
merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan jantung. Pasalnya, di dalam sebatang rokok terdapat zat yang menjadi penyebab kerusakan, penumpukan plak, dan penghambat aliran darah pada arteri.

Zat akrolein yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan kadar HDL yang dibutuhkan tubuh, sedangkan karbon monoksida akan menghalangi penyebaran oksigen.

Tidak hanya itu saja, hidrogen sianida dan gas oksidan yang terkandung di dalam rokok pun tak kalah berbahaya karena menyebabkan kerusakan parah pada jantung dan meningkatkan risiko penggumpalan darah, pemicu serangan jantung.

Nikotin tidak hanya menyebabkan ketergantungan, tetapi juga memengaruhi terjadinya peningkatan denyut jantung, tekanan darah, dan aritmia. Tak heran jika rokok dapat memperpendek usia seseorang. 

Kurang Olahraga

jenis penyakit jantung
kurang olahraga – penyakit jantung

Olahraga sangat efektif untuk menjaga tubuh Anda dalam keadaan prima. Sayangnya, kebanyakan orang sengaja melewatkan kegiatan ini dengan alasan sibuk.

Padahal dengan berolahraga selama 30 hingga 90 menit banyak manfaat yang akan Anda rasakan, seperti tubuh lebih segar, sistem imun meningkat, dan menurunkan tingkat kolesterol LDL dalam darah.

Sebagaimana diketahui, tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah dapat berakibat fatal, yakni meningkatkan risiko pembentukan plak, penyebab tersumbatnya pembuluh arteri. Hal semacam inilah yang memicu terjadinya serangan jantung.

Olahraga secara rutin tidak hanya mampu menurunkan tingkat kolesterol, melainkan juga menjaga berat badan tetap ideal.

Kurang Tidur

penyebab penyakit jantung koroner
kurang tidur

Kebiasaan kurang tidur pun berimbas pada kesehatan jantung Anda. Jantung dipaksa untuk terus bekerja sepanjang hari. Hal tersebut membuat sistem kardiovaskular lelah. Alhasil, kesehatan jantung pun menurun.

Waktu tidur yang singkat, kurang dari 6 jam per hari juga meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi, yang turut memengaruhi kondisi jantung.

Itulah sejumlah faktor penyebab sakit jantung yang harus Anda waspadai. Selain menghindari pemicu, mulailah rajin mengonsumsi Majun Syifa yang dipercaya sebagai penyembuh berbagai macam penyakit berbahaya. Obat herbal yang terbuat dari delima merah ini mengandung vitamin dan zat penting yang mampu mengobati penyakit jantung.

Nah, tunggu apa lagi? Segera lakukan pemesanan via WhatsApp di nomor 0853-6282-6262 sekarang juga! Rasakan khasiatnya, tubuh sehat, penyakit pun lenyap!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *