7 Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Perlu Diwaspadai

by in Jantung Maret 19, 2019

Penyakit arteri koroneratau lebih dikenal dengan jantung koroner merupakan salah satu jenis sakit jantung yang paling umum terjadi. Berbeda dengan serangan jantung, penyakit jantung koroner tidak muncul tiba-tiba, melainkan secara perlahan hingga mencapai tingkat lanjut.

Bahkan, bisa jadi seorang penderita tidak menyadari tengah menderita sakit jantung. Pasalnya, perkembangan penyakit ini sangat lambat dan cirinya pun hampir sama dengan penyakit biasa.

Agar Anda tidak menyesal di kemudian hari, jangan abaikan sejumlah gejala penyakit arteri koroner di bawah ini.

Mudah Lelah Kemungkinan penyakit jantung koroner

penyakit jantung koroner
mudah lelah salahsatu ciri penyakit jantung koroner

Adalah hal yang wajar merasa lelah selepas beraktivitas seharian. Namun, jika Anda merasa lelah hanya karena pekerjaan ringan, berhati-hatilah. Ini adalah tanda bahwa kesehatan jantung Anda buruk. Risiko terkena jantung koroner pun semakin besar.

Nyeri di Dada bisa menjadi sebab penyakit jantung koroner

Jangan sepelekan rasa sakit yang menusuk di bagian kiri dada karena hal ini merupakan salah satu ciri umum penyakit arteri koroner. Tak jarang rasa nyeri disertai dengan kejang, kram, perasaan terbakar, diremas, dan tidak nyaman.

Dalam kasus yang cukup parah, ada kemungkinan sakit pada bagian dada menyebar hingga ke leher, punggung belakang, dan lengan kiri. Rasa sakit yang sangat hebat juga dapat menyebabkan napas tidak normal, pendek, dan terengah.

Rasa nyeri di dada tidak akan berkurang meski Anda mengubah posisi sekalipun, misalnya dari berdiri menjadi duduk atau sebaliknya. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, alangkah baiknya jika Anda segera berkonsultasi pada ahlinya guna menurunkan risiko sakit jantung.

Sesak Napas pada penyakit jantung koroner sering kali terjadi

penyakit jantung koroner
sesak di dada yang slalu berulang penyakit jantung koroner

Pernahkah Anda kesulitan menghirup oksigen? Padahal Anda tidak memiliki riwayat penyakit asma? Bahkan, saat Anda tengah melakukan aktivitas ringan pun dada terasa sesak?

Gejala ini akan dialami oleh seseorang yang menderita sakit jantung koroner. Sesak napas terjadi lantaran pembuluh darah koroner mengalami penyempitan sehingga pasokan darah ke otot jantung terhambat.

Sakit Punggung

Sakit punggung memang tidak selalu menjadi patokan Anda menderita jantung koroner. Namun, Anda perlu hati-hati jika sakit punggung berlangsung terlalu sering.

Mual dan Muntah

Gejala mual dan muntah ini biasanya diawali dengan rasa nyeri yang intens di bagian ulu hati yang disertai kembung dan rasa tidak nyaman. Sekilas, ciri ini akan mengingatkan Anda pada penyakit maag atau masuk angin.

Meski serupa, tetapi nyeri ulu hati pada penyakit jantung koroner disertai dengan keringat dan nadi yang lemah akibat arteri Left Anterior Descending (LAD) mengarah ke depan dan ke bawah jantung. Hal inilah yang menyebabkan perasaan mual dan timbul keinginan untuk muntah.

Keringat Berlebih

penyakit jantung koroner
keringat berlebih patut diwaspai penyakit jantung koroner

Berkeringat adalah hal yang normal, tetapi terlalu banyak mengeluarkan keringat saat tengah bersantai dan tidak melakukan pekerjaan berat merupakan tanda bahwa jantung Anda dalam masalah. Kondisi seperti ini patut diwaspadai.

Detak Jantung Tidak Normal

Jantung yang berdetak lebih cepat lebih dari 100 kali per menit, setidaknya dalam 3 detak abrnormal secara berturut-turut tanpa penyebab pasti, seperti berolahraga atau terkejut mengidikasikan gejala penyakit arteri koroner.

Dalam bahasa medis kondisi ini disebut Ventricular Tachycardia (VT) dan terjadi karena otot ventrikel tidak seirama dengan detakan atrium. Palpitasi VT sangat berbahaya sebab dapat mengancam hidup seseorang.

Sebelum terlambat, mulailah untuk memelihara kesehatan jantung dengan rutin mengonsumsi obat herbal Majun Syifa. Obat yang terbuat dari ekstrak delima merah ini telah terbukti ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Majun Syifa merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan sistem imun, mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, menyehatkan jantung dan organ vital lainnya.

Sebelum terlambat, segera pesan Majun Syifa melalui WhatsApps di nomor 0853-6282-6262 sekarang juga! Tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *