7 Gejala Umum Jantung Bocor

by in Jantung Maret 18, 2019

Jantung bocorJantung merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Fungsi utamanya memang memompa darah ke seluruh tubuh, tetapi ada tugas lain yang tak kalah penting, yakni membuang sisa limbah dari proses metabolisme dan menutrisi tubuh.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki jantung sehat. Ada di antara mereka yang mengalami kelainan pada jantung bahkan sejak di dalam kandungan.

Salah satu kelainan jantung yang paling banyak diidap adalah jantung bocor. Ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu kebocoran pada dua serambi (Atrial Septal Defect) atau adanya lubang pada sekat antara dua bilik jantung (Verticular Septal Defect).

Meski diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh, tetapi kebocoran jantung dapat diketahui dari sejumlah gejala berikut ini.

Gejala Jantung Bocor Mudah Lelah

jantung bocor
mudah lelah bisa dikarenakan jantung bocor

Salah satu tanda yang paling umum terjadi pada penderita kebocoran jantung adalah mudah merasa lelah. Jangankan aktivitas berat, kegiatan ringan saja bisa membuat Anda seakan kehabisan energi.

Hal ini terjadi lantaran darah yang seharusnya mengalir dengan lancar justru terhambat. Dampaknya, otot jantung bekerja melebihi kapasitasnya. Inilah yang membuat penderita sering mengalami kelelahan.

Gejala Jantung Bocor menyebabkan Sesak Napas

Gejala lain yang patut untuk diperhatikan adalah sesak napas. Tidak semua penderita kebocoran jantung ini kesulitan bernapas. Namun, dalam sejumlah kasus memang ada penderita yang mengalami gangguan pernapasan bahkan hingga merasakan nyeri luar biasa di bagian dada.

Sesak napas terjadi karena oksigen yang seharusnya dibawa oleh darah ke seluruh tubuh tidak dapat dialirkan sebagaimana mestinya.

Tubuh Lebih Mungil pada penderita jantung bocor

Kebanyakan penderita kelainan jantung bawaan sejak lahir cenderung memiliki tubuh yang lebih kecil dan pendek dibandingkan dengan ukuran tubuh normal lainnya.

Pasalnya, ketidaknormalan septum atrium (ASD) dan  pasokan oksigen yang tersendat di dalam tubuh menyebabkan penderita jantung bocor mengalami kekurangan gizi yang berdampak pada pertumbuhan. Hal ini yang memicu terhambatnya pertumbuhan.

Tubuh Kebiruan

jantung bocor
baby blue akibat jantung bocor

Jantung yang tidak sempurna kerap menimbulkan masalah baby blue. Pada anak kecil, istilah ini menggambarkan keadaan sejumlah bagian tubuh penderita kebocoran jantung yang mengalami kebiruan.

Hal ini sebenarnya sangat mengancam keselamatan si anak sebab sirkulasi darah bersih yang mengandung oksigen malah tercampur dengan darah kotor.

Pada anak dan orang dewasa, lebam kebiruan akan terlihat lebih jelas. Contohnya adalah bibir yang seharusnya terlihat merah segar, justru berwarna biru.

Begitupun dengan lidah, alih-alih merah layaknya lidah pada umumnya, lidah penderita kelainan jantung ini tampak biru. Termasuk pada bagian ujung kuku.

Pembengkakan Tubuh

Dalam kasus bocornya jantung, tidak menutup kemungkinan terjadinya pembengkakan pada tubuh penderita. Hal ini merupakan dampak dari fungsi jantung yang tidak menjalankan tugasnya dengan benar, alhasil terjadilah penumpukan zat di bagian tubuh tertentu yang menyebabkan sejumlah bagian bengkak.

Detak Jantung Kencang

jantun bocor
degupan jantung menjadi keras merupakan gejala jantung bocor

Gejala lain yang membedakan antara penderita kelainan jantung dengan orang normal adalah degupan jantung. Detak jantung dikatakan normal bila masih berada dalam kisaran 60 hingga 100 denyut per menitnya.

Wajar jika kecepatan detak jantung berubah lebih cepat setelah melakukan olahraga. Yang tidak normal adalah saat terdiam, jantung berdetak layaknya tengah berlari. 

Murmur Jantung

Tak jarang penderita kebocoran jantung akan mengalami kondisi suara jantung yang terdengar lebih berisik, seperti ada sesuatu yang berdesing atau bergemuruh.

Padahal normalnya, suara yang ditimbulkan jantung berbunyi lub-dup, suara saat katup menutup. Untuk memastikan murmur jantung dibutuhkan alat bantu stetoskop. 

Jika Anda mengalami masalah serupa, jangan panik. Anda tidak harus melakukan operasi selama dapat menutrisi tubuh dengan baik.

Salah satu asupan yang baik untuk jantung Anda dan dipercaya mampu menyembuhkan penyakit jantung bocor adalah Majun Akar Delima Merah.

Obat herbal Majun Syifa ini murni terbuat dari ekstrak buah delima merah yang memiliki khasiat luar biasa.

Pastikan Anda menghubungi kami di nomor WhatsApp 0853-6282-6262 sekarang juga.

Manfaatkan peluang luar biasa ini dan rasakan sendiri khasiat Majun Syifa yang telah dibuktikan banyak orang. Yuk, pesan sekarang juga!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *