Tidak Terlihat, 6 Hal Gejala Diabetes yang Jarang Disadari

by in Diabetes Maret 7, 2019

Gejala diabetes Diabetes merupakan penyakit yang ditimbulkan karena kadar gula di dalam darah melebihi ambang batas normal. Penyakit tersebut diturunkan secara genetis. Jika salah satu orang tua menderita penyakit tersebut, anak-anaknya akan memiliki risiko yang lebih besar sebagai penderita diabetes.

Saat ini, diabetes juga dapat dipicu oleh pola hidup, terutama asupan makanan yang kurang sehat. Misalnya, sering minum atau makan yang manis, makan berlebihan, sering melewatkan sarapan, dan jarang olahraga. Gaya hidup tersebut dapat memicu kadar gula dalam darah naik, meskipun Anda tidak memiliki riwayat genetis penderita diabetes.

Gejala diabetes biasanya menyerupai penyakit biasa sehingga beberapa orang terkadang tidak menyadarinya. Data dari Federasi Diabetes Internasional menyebutkan setengah dari jumlah penderita diabetes di Indonesia awalnya tidak menyadari adanya penyakit tersebut di dalam tubuh mereka.

Deteksi terlambat pada diabetes sangat mengkhawatirkan karena akan menyebabkan penyakit komplikasi. Misalnya, diabetes dengan gangguan jantung, ginjal, atau saraf. Jika terdeteksi sejak dini akan dipilih jenis pengobatan dan perbaikan gaya hidup.

Nah, sebelum terlambat, kenalilah 5 gejala diabetes ini.

gejala diabetes
kenalilah 5 gejala diabetes ini

1. Sering Buang Air Kecil Saat Malam Hari dan Sering Merasa Haus

Sebaiknya Anda waspada ketika mulai sering buang air kecil, terutama di malam hari. Bisa jadi hal tersebut gejala diabetes.

Kadar gula yang berlebih di dalam darah akan diproses oleh ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk urine. Akibatnya, penderita diabetes memiliki urine yang banyak pula.

Para penderita diabetes biasanya sering kehausan. Hal tersebut dilakukan agar tidak kekurangan cairan. Intensitas buang air kecil yang meningkat akan diimbangi dengan kebutuhan minum yang banyak. Selama kadar gula belum normal, penderita akan sering kehausan.

2. Penurunan Berat Badan yang Tidak Wajar

gejala diabetes
gejala diabetes mengakibatkan berat badan turun

Gula merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Pada penderita diabetes, sebagian besar gula akan dibuang melalui urine. Hal tersebut menyebabkan kebutuhan sumber energi berkurang sehingga berat badan menurun.

Sebelum insulin menyalurkan gula untuk tubuh, gula sudah dibuang bersama dengan urin. Nah, jika berat badan Anda tiba-tiba turun secara drastis, lebih baik segera lakukan tes darah untuk mengetahui kadar gula.

3. Pandangan Mulai Kabur

gejala diabetes
pandangan menjadi kabur juga salah satu gejala diabetes

Penyakit gangguan penglihatan yang kabur disebut katarak. Jangan salah, penyakit tersebut juga bisa menjadi tahap awal diabetes.

Lensa mata pada penderita diabetes lama-lama akan tertutup lapisan gula. Pandangan menjadi kabur karena cahaya yang masuk ke saraf mata akan terhambat.

Jangan sepelekan pandangan yang mulai kabur! Biasanya orang-orang menganggap hal tersebut wajar terjadi seiring menuanya usia. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk memastikan penyebab katarak tersebut.

4. Luka yang Sulit Sembuh

Pembuluh darah pada penderita diabetes akan menyempit karena kurang suplai darah. Oleh karena itu, luka yang mereka alami akan sulit disembuhkan. Selain itu, penderita diabetes juga memiliki sistem kekebalan tubuh di bawah kondisi normal.

Dengan kondisi tersebut, para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk merawat kulit. Misalnya, selalu memakai alas kaki dan berhati-hati terhadap goresan atau luka lainnya.

5. Sering Kesemutan

gejala diabetes
gejala diabetes bisa jadi ketika kaki anda sering kesemutan

Salah satu kebiasaan sehari-hari yang merupakan gejala diabetes adalah kesemutan. Saat beberapa bagian tubuh Anda, seperti kaki, tangan, atau jari, sering mati rasa, sebaiknya Anda segera melakukan cek darah.

Kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes menyebabkan kerusakan saraf. Kerusakan tersebut terjadi secara bertahap diawali dengan rasa kesemutan yang terlalu sering.

6. Gusi Bengkak dan Memerah

gejala diabetes
gejala diabetes

Perhatikan ini juga bisa masuk kategori gejala diabetes. Resiko meningkatnya infeksi pada gusi disebabkan diabetes melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan anda untuk melawan infeksi. Dengan demikian gusi anda dapat bengkak atau mengalami luka.

Beberapa gejala diabetes memang menyerupai kebiasaan sehari-hari yang wajar dialami. Pada tahap awal biasanya para penderita tidak menyadarinya. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang membutuhkan penanganan segera.

Anda dapat melakukan pengobatan tradisional untuk menangani diabetes. Majun Akar Delima Merah Penyembuh Penyakit Kronis akan membantu Anda mengatur kadar gula. 33 jenis penyakit kronis dapat disembuhkan oleh Majun Syifa. Silakan pilih produknya di http://majunsyifa.com/.

Selain mengobati penyakit kronis, Majun Syifa juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Lalu, lakukan pemesanan dengan menghubungi nomor WhatsApp (Klik disini).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *