10 Gejala Asam Lambung yang Harus Anda Ketahui

by in Lambung (Maag) Maret 2, 2019

Gejala asam lambungSakit asam lambung naik atau GERD (gastroesophageal reflux disease) dalam istilah medisnya, adalah kondisi naiknya asam lambung ke bagian dada dan tenggorokan. Keadaan ini akibat melemahnya otot LES (lower esophageal sphinchter yang berfungsi sebagai “penjaga gerbang” lambung.

Saat makanan masuk LES akan mengendur dan setelah makanan masuk LES kembali mengencang dan menutup lambung agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Penting sekali mengetahui ciri dan gejala asam lambung agar bisa segera diatasi dan tak terjadi komplikasi.

Mengutip dari situs Alo Dokter dan Mediskus, berikut ini 10 gejala asam lambung yang harus diketahui.

gejala asam lambung
gejala asam lambung pada gambar terlihat bagian lambung (stomach)

1. Rasa Nyeri di Dada

Gejala pertama ditandai dengan rasa nyeri di dada (Heartburn). Rasa panas atau terbakar di bagian dada ini akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejalanya hampir mirip dengan serangan jantung. Tetapi pada asam lambung naik, rasa nyeri hanya di bagian dada dan tidak menyebar ke bahu, punggung dan lengan.

Rasa nyeri ini semakin terasa saat Anda membungkuk atau setelah makan dan segera hilang setelah mengonsumsi obat asam lambung. Nyeri ini juga tidak disertai keringat dingin.

2. Rasa Pahit di Mulut

gejala asam lambung
gejala asam lambung terasa pahit dan asam di mulut

Gejala ini sering muncul saat malam hari ketika berbaring. Penyebabnya adalah terlalu banyak makan atau makanan pedas. Naiknya asam lambung ke tenggorokan bagian belakang menimbulkan rasa pahit dan asam di mulut.

3. Suara Serak

Gejala asam lambung selanjutnya adalah serak saat setelah makan. Hal ini akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan iritasi pada pita suara.

4. Sakit tenggorokan

gejala asam lambung
gejala asam lambung terasa sakit pada tenggorokan

Gejala asam lambung ini seperti gejala flu. Hanya saja sakit tenggorokan akibat asam lambung tidak disertai demam dan bersin-bersin seperti pada flu. Selain itu sakit tengorokan pada asam lambung hanya terjadi setelah makan.

5. Batuk Disertai Sesak Nafas

Gejala asam lambung yang selanjutnya adalah adanya batuk disertai sesak napas. Hal ini akibat dari terjadinya peradangan pada saluran pernapasan karena terpapar asam lambung yang naik.

Menurut para ahli, naiknya asam lambung bisa menimbulkan penyempitan tabung pernapasan sebagai reaksi agar asam lambung tidak masuk. Batuk bisa juga terjadi malam hari dan tanpa henti.

6. Mual

Mual bahkan muntah setelah makan juga menjadi gejala khas pada asam lambung. Rasa mual dan ingin muntah ini adalah akibat dari rasa nyeri di bagian lambung dan ulu hati.

7. Air Liur Berlebihan

gejala asam lambung
gejala asam lambung, air liur berlebih dan nyeri saat menelan makanan

Sebagai respon alami terhadap naiknya asam lambung ke kerongkongan, maka kelenjar ludah akan lebih banyak memproduksi air liur untuk mentralisir asam. Karenanya, air liur berlebihan merupakan salah satu gejala asam lambung dan harus diteliti apakah muncul disertai gejala lainnya.

8. Nyeri Saat Menelan

Kerongkongan yang terus-menerus terpapar asam lambung bisa terluka dan muncul jaringan parut ataupun bengkak. Akibatnya penderita akan merasa nyeri ketika menelan atau bahkan hingga kesulitan untuk menelan makanan.

9. Gigi Rusak

Berbagai hal yang berkaitan dengan asam memang pada dasarnya bisa merusak gigi. Seperti diungkapkan oleh drg Diatri Nari Ratih MKes hD SpKG (K) kepada Health Detik, bahwa asam lambung akan membuat lapisan email terkikis dan mengakibatkan terjadinya gigi sensitif dan erosi gigi.

10. Kembung, Bersendawa, Napas Tidak Sedap

gejala asam lambung
gejala asam lambung Kembung, Bersendawa, Napas Tidak Sedap

Gejala asam lambung yang juga khas adalah rasa kembung dan timbulnya sendawa dengan napas tidak sedap. Asam lambung yang terus-menerus menyentuh lapisan halus di kerongkontan membuat lapisan tersebut rusak.

Ketika jaringan tidak punya waktu cukup untuk memperbarui diri, maka bagian-bagian yang mati terakumulasi dan menimbulkan bau tak sedap.

Dengan munculnya satu atau lebih dari gejala asam lambung di atas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri untuk mendapat pengobatan yang tepat.

Anda juga bisa menggunakan produk herbal Majun Syifa yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit kronis termasuk asam lambung. Lebih jelas mengenai seluk baluk Majun Syifa, silakan kontak WhatApp di nomor 0853-6283-6262.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *