9 Cara Menurunkan Darah Tinggi

by in Darah Tinggi Maret 21, 2019

Bagaimana cara menurunkan darah tinggi? Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap masyarakat modern saat ini.

Darah tinggi dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi yang dapat mengancam kesehatan dan jiwa seperti stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung.

Lalu bagaimana cara menurunkan hipertensiyang efektif agar terhindar dari bahaya komplikasinya? Berikut ulasannya.

Mengurangi Asupan Garam salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi

garam menaikkan darah tinggi
cara menurunkan darah tinggi dengan mengurangi asupan garam

Salah satu cara menurunkan hipertensi yang utama yaitu mengurangi asupan garam. Mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan peningkatan garam di dalam darah, akibatnya kadar Natrium di dalam darah juga meningkat.

Natrium yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan penyerapan air di dalam tubuh. Saat tubuh mengalami peningkatan volume cairan maka kerja jantung semakin berat dan tekanan darah menjadi lebih tinggi. Jadi, usahakan mengurangi asupan garam jika Anda ingin menurunkan tekanan darah.

Mengurangi Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi hingga 15%. Duduk dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terhambat sehingga tekanan darah menjadi tinggi.

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk dalam jangka waktu lama, maka saat selesai bekerja usahakan melakukan olahraga ringan meskipun sebentar. Selain itu, imbangi dengan pengaturan pola makan yang baik agar tekanan darah Anda dapat terkontrol.

Mengurangi Asupan Kafein

penyebab darah tinggi
Cara menurunkan darah tinggi berikutnya yaitu mengurangi asupan Kafeina.

Cara menurunkan darah tinggi berikutnya yaitu mengurangi asupan Kafeina. Kafeina dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang dapat meningkatkan kerja jantung dan tekanan darah.

Selain itu, Kafeina juga dapat meningkatkan efek stres pada tubuh. Salah satu minuman yang banyak mengandung Kafeina adalah kopi.

Melakukan Olahraga Ringan

cara menurunkan darah tinggi
menurunkan darah tinggi dengan melakukan olahraga ringan

Anda dapat melakukan olahraga ringan sebagai salah satu cara menurunkan darah tinggi. Olahraga ringan yang mudah dilakukan antara lain berlari atau jalan kaki. Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun, usahakan menghindari jenis olahraga yang bersifat tanding seperti badminton, tenis, atau voli yang dapat memicu stres dan mengakibatkan tekanan darah yang tinggi.

Melakukan Pijat Akupresur

titik pijat untuk menurunkan darah tinggi
cara menurunkan darah tinggi Melakukan Pijat Akupresur

Cara menurunkan darah tinggi yang lain yaitu melakukan pijat akupresur. Pijatan pada titik-titik meridian tertentu pada tubuh dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Menghindari Stres

Untuk menurunkan tekanan darah, Anda juga harus menghindari stres. Stres pada tubuh karena kelelahan, maupun stres psikologis akibat pikiran dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Jadi, usahakan menghindari stres untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

buah penurun darah tinggi
Mengonsumsi Makanan yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Cara menurunkan darah tinggi berikutnya yaitu mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa makanan yang dapat menurunkan tekanan darah yaitu belimbing, seledri, dan delima merah.

Mendapatkan delima merah di masa sekarang ini tentu bukan perkara mudah sementara belimbing dan seledri rasanya kurang begitu nikmat, namun Anda tidak perlu khawatir karena kini telah hadir ekstra delima merah Majun Syifa yang dapat membantu menurukan tekanan darah tinggi dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Anda bisa mendapatkan ekstra delima Majun Syifa ini dengan mudah di http://majunsyifa.com. Anda juga dapat melakukan pemesanan secara mudah dan praktis melalui whatsapp (klik Disini)

Melakukan Relaksasi

Selain mengatur pola makan, gaya hidup, dan memperbanyak olahraga, Anda juga perlu melakukan relaksasi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Anda bisa melakukan relaksasi dengan menggunakan musik yang dikombinasikan dengan nafas dalam untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Demikian beberapa cara menurunkan darah tinggi secara efektif dan efisien. Semoga bermanfaat, salam sehat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *