4 Cara Mengobati Diabetes yang Terbukti Ampuh

by in Diabetes Maret 6, 2019

Cara mengobati diabetesDiabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang dewasa ini penderitanya terus bertambah. Data dari International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 10 juta dan berada pada urutan ketujuh tertinggi di dunia.

WHO bahkan menyebutkan bahwa penderita diabetes tipe 2 di Indonesia akan meningkat tajam sampai 21,3 juta pada tahun 2030. Hal tersebut menjadi peringatan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Selain disebabkan oleh faktor genetik, diabetes juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Penderita akibat faktor kedua saat ini lebih banyak daripada yang pertama. Konsumsi makanan berbahan pengawet dan jarang olahraga menyebabkan kadar gula dalam darah naik sehingga menjadi diabetes.

Cara mengobati diabetes dengan jalan medis dan tradisional telah dilakukan untuk menurunkan kadar gula dalam darah sampai batas normal. Akan tetapi, cara-cara tersebut seharusnya tetap diimbangi dengan pola hidup yang sehat agar gula darah tetap terkontrol.

Berikut ini adalah 3 cara mengobati diabetes yang biasa dilakukan.

cara mengobati diabetes
cara mengobati diabetes

1. Suntik Insulin

Diabetes mellitus (DM) dibagi menjadi 2, tipe 1 dan tipe 2. DM tipe 1 terjadi karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin akibat autoimun. Insulin bertugas mengubah guka darah menjadi tenaga yang dibutuhkan tubuh.

Penderita DM tipe 1 wajib melakukan suntik insulin secara rutin sesuai dengan dosis yang tepat. Akan tetapi, penderita DM tipe 2 tidak wajib suntik insulin. Sebenarnya, pankreas pada penderita DM tipe 2 ini mampu memproduksi insuin, tetapi jumlahnya kurang.

Oleh karena itu, cara mengobati diabetes tipe 2 ini dapat dilakukan dengan suntik insulin atau cara pengobatan lain yang dapat meningkatkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin atau menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Konsumsi Pil

cara mengobati diabetes
cara mengobati diabetes – mengkonsumsi pil diabetes

Salah satu cara mengobati diabetes tipe 2 yang sering dilakukan adalah konsumsi pil. Akan tetapi, cara ini sebenarnya cukup berbahaya jika jenis pil yang dipilih dan dosisnya tidak tepat. Salah satunya adalah ancaman komplikasi dengan penyakit ginjal.

Pil untuk diabetes terdiri atas berbagai jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis pil yang sering diberikan.

– Sulfonylurea

Obat ini berguna untuk merangsang organ pankreas memproduksi hormon insulin. Syarat konsumsi organ ini adalah organ pankreas masih bagus.  Alasan tersebut yang membuat obat ini tidak disarankan untuk DM tipe 1 karena pankreasnya tidak bisa menghasilkan insulin.

– Biguanid

Obat ini berfungsi untuk merangsang organ di dalam tubuh agar lebih peka terhadap insulin. Obat ini memiliki efek samping dalam hal pencernaan. Sebaiknya, biguanid diminum dengan dosis rendah setelah makan.

– Acarbose

Acarbose berfungsi memperlambat perubahan karbohidrat menjadi glukosa. Biasanya, obat ini dikombinasikan dengan sulfonylurea. Obat ini tidak dianjurkan untuk penderita dengan usia di bawah 18 tahun. Sebaiknya, Anda mengikuti jenis obat yang diresepkan oleh dokter.

3. Makan Makanan Sehat dan Olahraga Teratur

cara mengobati diabetes
cara mengobati diabetes dengan makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak dan kalori amat penting untuk penderita diabetes. Karena penderita diabetes amat penting menjaga kesimbangan kadar gula dalam darahnya.

Berikut ini makanan sehari hari untuk mengatasi diabetes:

  • Ikan tuna, salmon, sarden dan makarel
  • Daging tanpa lemak lebih aman di rebus atau di kukus.
  • Susu rendah lemak
  • Nasi merah, kentang panggang, oatmeal.
  • Gunakan gula rendah kalori dan mengandung kromium
  • Sayur Brokoli dan bayam yang dikukus atau di rebus.
  • Jus buah tanpa menggunakan pemanis tambahan.
  • Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai namun tetap di kukus atau direbus.

Olahraga teratur

cara mengobati diabetes
cara mengobati diabetes dengan olahraga teratur

Perihal ini rata-rata agak malas orang-orang untuk melakukannya. Namun hanya berjalan kaki di pagi hari atau berkebun sekitar 30 – 40 menit akan sangat membantu penderita diabetes untuk mejaga kadar gula dalam darahnya.

Namun jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu, saran sarapan dipagi hari jus buah (apel) tanpa gula dan segelas susu rendah lemak agar saat berolah raga tidak membuat gula darah anda menjadi turun.

4. Pengobatan Tradisional

cara mengobati diabetes
cara mengobati diabetes dengan majun syifa delima merah

Selain pengobatan medis di atas, Anda dapat mengimbanginya dengan pengobatan tradisional. Bahan-bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes antara lain kunyit, kayu manis, mengkudu, kemangi, bawang putih, teh hijau, pare, dan buah delima.

Obat-obatan tersebut dapat dikonsumsi sebagai minuman atau jamu. Fungsinya untuk meningkatkan kerja insulin dan menurunkan gula darah.

Salah satu cara mengobati diabetes dengan bahan alami adalah penggunaan Majun Akar Delima Merah Penyembuh Penyakit Kronis. Akar delima merah tersebut mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.

Produk yang dikemas dengan nama Majun Syifa ini dapat dikonsumsi saat gula darah naik maupun sudah normal. Saat sudah normal, Majun Syifa tidak akan membuat gula darah turun lagi. Akan tetapi, ekstrak akar delima merah tersebut akan berfungsi menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Anda penasaran dengan Majun Syifa? Silakan klik http://majunsyifa.com/ untuk melihat produk-produk yang ditawarkan.

Lakukan pemesanan melalui WhatsApp (Klik disini) pada nomor yang telah disediakan di website. Semoga Anda selalu sehat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *