5 Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Menjaga Pola Hidup Sehat

by in Lambung (Maag) Maret 4, 2019

Cara mengatasi asam lambung –Asam lambung merupakan penyakit yang terjadi akibat asam lambung dengan derajat keasaman tinggi naik ke kerongkongan. Pengobatannya bisa secara medis melalui obat-obatan golongan proton pump inhibitor.

Sedang pengobatan alami dilakukan dengan mengonsumsi jahe, pisang, apel, teh, jus lidah buaya, susu segar, asupan vitamin B, ataupun ramuan herbal seperti Majun Syifa.

Cara mengatasi asam lambung tersebut harus disertai dengan menerapkan disiplin pola hidup sehat.

Cara mengatasi asam lambung
Cara mengatasi asam lambung, tepat waktu makan

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dijalani untuk mejaga agar asam lambung tetap seimbang sehingga tidak kambuh atau berkelanjutan.

1. Menjaga Jam Makan

Cara mengatasi asam lambung dimulai dari mematuhi jadwal makan. Banyak kesibukan sering membuat orang lupa makan. Jika dibiarkan terus menerus tentu sangat merugikan kesehatan. Karenanya patuhlah pada jam makan yang telah Anda jalani.

2. Hentikan Kebiasaan Ngemil Malam

Pengidap asam lambung dan maag memang disarankan untuk makan makanan ringan di jam-jam pengosongan lambung agar perut tidak perih. Namun ngemil malam hari atau menjelang tidur harus dihindari. Proses pencernaan yang tidak sempurna ketika tubuh berbaring akan membuat makanan kembali ke kerongkongan.

3. Kunyah Makanan dengan Benar

Cara mengatasi asam lambung
Cara mengatasi asam lambung dengan mengunyah makan

Untuk membantu pencernaan lebih mudah bekerja, maka kunyahlah makanan dengan baik dan benar. Teori paling populer soal mengunyah makanan dicetuskan oleh Horace Flecter, seseorang yang memproklamirkan diri sebagai ahli diet, pada tahun 1800-an.

Namun para ahli di Ohio State University menerangkan bahwa jumlah kunyahan berbeda-beda, sesuai dengan jenis makanannya. Minimal 5-10 kunyahan pada makanan lembut, dan bisa mencapai 30 kali untuk makanan padat seperti daging dan sayuran.

4. Jangan Minum Banyak Air Saat Makan

Minum air saat makan akan mencairkan asam lambung, akibatnya proses pencernaan makanan mejadi lebih sulit sehingga muncullah gas yang memicu naiknya asam lambung.

5. Hindari Makanan Pemicu Meningkatnya Asam Lambung

Cara mengatasi asam lambung
Cara mengatasi asam lambung

Poin kelima ini sangat penting. Soalnya makanan sehari-hari bagi orang yang mengidap penyakit asam lambung harus diperhatikan dengan teliti. Hal itu untuk menjaga kondisi asam lambung agar tetap normal sehingga tidak kambuh lagi.

Tentang Cara mengatasi asam lambung, dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons dari Klik Dokter menyampaikan bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Makanan tersebut diketahui memperparah penyakit asam lambung. Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung adalah:

Makanan yang memicu peningkatan produksi gas

Yang termasuk dalam poin ini misalnya lemak hewani, sawi, nangka, kedondong, pisang ambon, buah kering, dan minuman bersoda.

Makanan pemicu munculnya asam lambung

Bagi penderita maag dan asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi minuman beralkohol dengan kadar 5-20%, kopi, anggur putih, sari buah sitrus.

Makanan yang menghambat pengosongan lambung

Jenis makanan yang sulit dicerna mengakibatkan lambung bekerja dua kali yang berakibat pada meningkatnya gejala maag. Makanan yang tergolong sulit dicerna antara lain jenis makanan berlemak, keju, dan kue tart.

Makanan pedas dan asam

Cara mengatasi asam lambung
Cara mengatasi asam lambung

Makanan pedas dan asam bisa merusak dinding lambung. Yang termasuk dalam jenis ini misalnya cuka, merica, bumbu yang bersifat asam, dan makanan yang pedas.

Makanan yang membuat klep kerongkongan bawah lemah

Klep krongkongan bawah berfungsi menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Mengonsumsi beberapa makanan ini akan melemahkan klep tersebut sehingga asam lambung bisa naik dan timbullah rasa perih dan terbakar. Makanan pelemah klep kerongkongan bawah misalnya minuman keras, gorengan, makanan tinggi kadar lemak, dan cokelat.

Makanan Kaya Karbohidrat

Ada beberapa makanan kaya karbohidrat namun tidak baik dikonsumsi penderita asam lambung, yaitu mi, bihun, jagung, bulgur, singkong, umbi talas, dodol, dan beras ketan.

Cara mengatasi asam lambung selain membiasakan pola hidup sehat juga bisa dengan mengonsumsi ramuan herbal Majun Syifa yang diolah dari delima merah. Seperti apa cara kerja dan khasiat ramuan ini? Konsultasikan saja melaui WhatsApp ke nomor 0853-6283-6262.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *